Minggu lalu saya dan anak-anak berkesempatan berlibur. Bersama ibu dan kakak perempuan saya. Jadilah kami 7 perempuan ini melangkahkan kaki ke Bandung. Idenya agak dadakan sih, karena ajakan layla dan caca berkali-kali yang ingin sekali naik kereta beneran so, kakak perempuanku akhirnya menyetujui keinginan tersebut. Sipp!!

Alhamdulillah, selama keberangkatan hingga selama di beberapa tempat tujuan anak-anak tidak rewel dan semua bisa saya tangani sendiri. Di kereta, bolak-balik mau pipis gak ada yang protes dengan kamar kecilnya. Duduk selama hampir 3 jam, tidak juga membuat anak-anak resah. Selama di tempat wisata, anak-anak bisa di koordinir dengan baik.

Rahasianya?

– Sejak sebelum berangkat, saya bagi tugas dan membuat kesepakatan dengan anak-anak. Layla jadi asisten saya ikut membantu dalam proses menyiapkan pakaian , susu hingga makanan. Sedangkan caca cukup dengan mengajak main mio supaya tidak bosan dan tetap enjoy selama kepergian kami nanti.

– Di hotel kami memesan 2 kamar. Saya dan anak-anak dalam satu kamar yang sama dan subhanallah mereka sangat mandiri sekali. Mandi, menyiapkan baju hingga berpakaian, membuat susu atau tehh, memasak air panas, menggosok gigi semua nyaris tanpa bantuan saya.

– Dan tentu saja ada bantuan dari ibu, kakak, keponakan bahkan sampai porter stasiun pun boleh saya sebutkan juga.

So proud of you kids!

Percaya pada anak-anak itu sih yang penting. Membantu mereka untuk lebih bertanggung jawab dengan tugas-tugas yang diberikan.

Satu lagi, nggak malu dengan tingkah anak-anak yang rame, lucu, ceplas ceplos dan apa adanya. Buat saya sih kebanggaan dan menjadikan anak-anak merasa percaya diri dan nyaman selama bepergian.

Ini foto-foto mereka saat di kereta yang duduk sendiri-sendiri. Praktiknya sih loncat sana sini, bahkan mereka melakukan beberapa permainan sekedar mengusir rasa bosan.

Yukk, kita jalan-jalan bareng si kecil. jangan takut repot