Kemarin ini, saya mendapatkan sebuah surat. Jarang sekali saya masih menerima surat sekarang ini, selain surat billing yang rajin menyambangi saya tiap bulannya. Surat ini begitu berarti dan begitu menyentuh hati saya karena pengirimnya adalah, Tenripada putri sulung saya.

Semenjak di sekolah TK nya, Hikari Kids mengajarkan tenripada menulis surat dan mengirimkannya dari kantor pos ia sering sekali menulis surat yang ditujukan untuk orang rumah. Suratnya selalu disertai gambar-gambar buatannya sendiri. Isinya terkadang sangat sederhana, minta dibelikan roti, es krim atau sekedar minta ijin menyetel cd. Saya dukung kemauannya untuk menulis surat mengingat di zaman sekarang kegiatan tulis menulis itu sudah sangat jarang saya temui.

Hingga kemudian saya menerima surat ini, surat kesekian yang mampir ke kantong saya (maklum bukan kantoran jadi bukan meja). Dan ini isi surat itu yang membuat saya mbrebes mili, terharu, berkaca-kaca dan nggak bisa berkata apa-apa.

***************

Buat Bunda,

1. Bunda kalau mbak lala nakal bunda ngasih taunya jangan marah marah ya

2. Bunda sayang kan sama anak-anaknya

3. Nanti kalau mbak lala sudah gede mbak lala mau seperti bunda dan ayah

With

Mbak lala muah

****************

Oalaah anak-anak memang malaikat kecil bagi setiap orang tua. Anak menjadi pengingat manakala kita alpa. Anak kerap menjadi kritikus paling kejam bagi orang tua. Anak adalah hiburan dan suplemen utama bagi setiap urat nadi dalam tubuh orang tua.

Serentetan kalimat nasihat dan teguran saya seperti mentah manakal melihat bolamatanya saat melihat saya membaca surat ini. Wajah cantiknya seperti menuntut tanggung jawab saya sebagai ibunya yang belum mampu menjadi panutan baik baginya.

Ya Allah, ampuni hamba. Terima kasih atas peringatan manis ini.

Maafkan bundamu, Nak. Maafkan atas keegoisan, intoleransi dan tulinya telinga bunda. Bunda akan belajar lebih baik lagi menjadi orang tua yang juga menjadi sahabat dan menjadi kawan terbaikmu.

Oh ya, ayah juga dapat surat serupa lho!! Simak deh tulisannya di Surat Buat Ayah