Ini infeksi jamur Candida, atau infeksi jamur, yang membuat kulit nyeri dan gatal. Infeksi Candida biasanya dikarenakan pemakaian antibiotika untuk mengobati mastitis, atau infeksi lainnya. Biasanya ibu merasa seperti terbakar atau panas dan menusuk-nusuk yang berlangsung setelah menyusui. atau rasanya seperti ditusuk jarum ke payudara.

Pada kondisi ini Kulit payudara akan terlihat merah, berkilat dan bersisik. Puting dan areola terlihat kehilangan sebagian pigmentasi. tapi terkadang puting terlihat normal.

Dapat disebut infeksi Candida apabila nyeri puting berlanjut, bahkan sekalipun pelekatan bayi sudah benar. Untuk memastikannya kita dapat memperhatikan keadaan bayi apakah ada infeksi jamur pada bayi. atau mungkin bayi punya noda putih di bagian dalam pipi atau di lidah, atau mungkin ada ruam di pantatnya.

gentian violet atau nystatin dapat digunakan sebagai obat jamur tersebut, baik pada ibu atau pada bayi. sebaiknya ibu berhenti memakaikan empeng;dan menghentikan penggunaan dot, dan nipple shields. Apabila benda-benda tersebut tetap digunakan, maka sebaiknya direbus selama 20 menit tiap hari dan diganti dengan yang baru tiap minggu.

PENGOBATAN CANDIDA PAYUDARA

Gentian violet dioleskan:

Ke mulut bayi: 0.25% gunakan tiap hari atau selang-seling selama 5 hari atau sampai 3 hari setelah kelainan kulit sembuh.

Ke puting ibu: 0.5 % gunakan tiap hari selama 5 hari.

ATAU:

Krim Nystatin 100.000 IU/g:

Oleskan ke puting 4 x sehari setelah menyusui.

Teruskan pemakaian sampai 7 hari setelah sembuh.

Suspensi Nystatin 100.000 IU/ml:

Teteskan sebanyak 1 ml dengan alat tetes ke mulut bayi selama 7 hari, 4x sehari setelah menyusu, atau selama ibu diobati.

Sumber : WHO/UNICEF Trainer Module for 40 Hours Breastfeeding Counselling Training