sumber: Media Hidup Sehat

KULIT lembut dan kencang tanpa kerut pastinya juga merupakan impian Anda. Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan kulit impian Anda adalah facial yoga. Facial yoga terdiri dari seri gerakan yang bisa mengencangkan dan menguatkan otot-otot wajah. Latihan yoga ini bisa membantu memperlancar sirkulasi darah, merelakskan otot-otot serta meredakan kecemasan dan stres.  Gerakannya juga sederhana, mulai dari merapatkan gigi hingga membuka bibir selebar yang Anda bisa. Tahan bibir, pipi, dahi, serta leher, kemudian lepaskan. Cara sederhana ini merupakan bagian dari gerakan yoga yang bisa mencegah munculnya kerutan, yang tentunya akan mengganggu penampilan Anda.

Untuk mengencangkan kulit wajah, berikut beberapa gerakan facial yoga yang bisa Anda coba:

Wajah singa

Tarik napas dalam-dalam secara perlahan dan tahanlah semua otot di tubuh, mulai dari jari kaki, pantat, hingga kepalan tangan, semuanya. Selanjutnya, lepaskan secara perlahan, relakskan kembali otot-otot Anda, keluarkan lidah Anda, lebarkan mata dan buka tangan Anda. Lakukan selama 3 kali. Pada pengulangan terakhir, cobalah menahan posisi mengeluarkan nafas selama 30-60 detik agar lidah benar-benar diregangkan. Ini merupakan latihan yang tepat untuk melancarkan aliran darah di wajah serta cara yang baik untuk melepaskan ketegangan di rahang. Ketegangn di rahang ini seringkali meicu munculnya kerutan di wajah.

Inversi

Berdirilah sambil melebarkan kedua kaki dengan jari-jari kaki menghadap sedikit agak ke dalam. Selanjutnya bungkukkan badan hingga kepala menyentuh tikar yang Anda gunakan. Secara perlahan letakkan kedua ibu jari di dahi dan tempatkan jari-jari di dekat pipi Anda. Inversi ini disarankan sebagai gerakan kompleksi yang sehat. Saat tekanan darah di kepala meningkat dan tubuh bereaksi dengan menurunkan tekanan darah, maka jantung Anda akan berdetak lebih lambat dan pembuluh darah akan melebar, atau relaks.

Brow Smoother

Duduklah dengan posisi bersila sesuai dengan kenyamanan Anda. Kemudian tempatkan jari-jari Anda di ujung luar alis mata. Selanjutnya, secara lembut dan perlahan tariklah bulu mata ke arah yang menjauhi satu sama lain, dan pada saat yang sama, tutuplah kelopak mata Anda.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang, putarlah wajah Anda saat Anda memutar badan. Jika sudah berada pada posisi memutar, angkatlah pipi Anda dan tekankan bibir ke sisi, sesuai dengan arah tubuh Anda memutar. Pada saat yang sama, regangkan dan relakskan otot-otot di sisi wajah yang berlawanan. Ulangi ke arah yang satunya.

Facial yoga ini bisa membantu Anda mempertahankan keseimbangan emosi dan psikologis, serta menjaga agar pikiran tetap tenang.